Senin, November 16, 2009

Karmic Release Party KSL KUSUKA

Sabtu, 14 Nopember 2009
Saya berangkat bersama adik saya, yang baru kuliah di Manajemen Informatika, untuk mengikuti acara Release Party di Yogyakarta. Mungkin sebagian kita sudah terbiasa dengan Ubuntu versi Jaunty Jackalope 9.04. Sedangkan acara rilis tersebut adalah rilis untuk Ubuntu 9.10 Karmic Koala.
Lambangnya cukup unik, koala. Biasanya kita ketahui bahwa koala adalah hewan nokturnal yang relatif pemalas dan banyak makan. Tetapi Ubuntu Karmic Koala memberikan fasilitas yang berbeda dengan makna seekor koala, lebih elegan, lebih menjawab tantangan yang muncul di versi sebelumnya.

Banyak gadget yang sudah bisa terkoneksi dengan Karmic, dari mula HPC (HP merk China yang difungsikan sebagai web cam), modem GSM merk S****a (yang kebetulan belum difasilitasi oleh operator seluler), dan beberapa gadget yang lain.
Secara tampilan, Karmic lebih memenuhi aspek estetika. Ibarat tampilan Vista dengan XP.

Ada beberapa masalah, dari audiens ketika proses instalasi, salah satunya belum aktifnya fasilitas "sound manager". Tetapi menurut anak-anak Ubuntu Yogyakarta yang memandu acara tersebut, sebetulnya permasalahan tersebut dapat dipecahkan ketika proses instalasinya benar, sesuai prosedur.

Ubuntu sebagai salah satu distro LINUX open source memang senantiasa berusaha menjawab tantangan kemajuan jaman. Ada usulan dari seorang teman, mampukah Ubuntu Karmic menjawab kebutuhan pengguna untuk pemanfaatan face inteligent, kayak notebook merk L***** yang menggunakan wajah sebagai password untuk masuk sebagai admin.
Kontan saja, bahkan pentolan Ubuntu Yogya juga belum bisa memberikan jawaban yang memuaskan penanya tadi. Akan diupayakan untuk menforward masukan tersebut ke komunitas Ubuntu internasional

Secara umum, acara tersebut cukup memuaskan dahaga keingintahuan saya terhadap dunia open source, maklum saja, saya masih belajar untuk itu.
Peluang pendayagunaan open source masih terbentang luas, tetapi masih perlu dipikirkan model bisnis yang tepat bagi para penggiat open source tersebut, termasuk komunitas Ubuntu.

Mohon revisi untuk masukan dan saran mengenai tulisan saya, belajar nulis juga....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar